Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijrah, Ormas Suku Tolaki Gelar Pawai Budaya

oleh -9 Dilihat
oleh
Ketgam : Ormas Suku Tolaki Bersama Aparat Polri dan Pemerintah Daerah Konawe.

Nilkaz.com, Konawe — Ratusan pengurus dan kader organisasi masyarakat (Ormas) suku Tolaki yang tinggal di daerah kabupaten Konawe menggelar pawai budaya, dalam rangka menyambut Tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Rute perjalanan para peserta pawai budaya mulai dari depan area Pedestrian Kantor Bupati Konawe menuju Makam Raja Lakidende, kemudian dilanjutkan ke Makam Pakandeate di Anggaberi, dan berakhir di lokasi Laika Mbuu (Rumah adat suku Tolaki) di Kecamatan Meluhu.

Sekretaris Jenderal Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sulawesi Tenggara (Sultra), Bisman Saranani mengatakan Ormas suku Tolaki yang ada di Kabupaten Konawe harus menjaga dan memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat.

“Kita sebagai tuan di daerah kita harus menjaga keselamatan dan keamanan keluarga kita yang datang di kabupaten Konawe,” ucapnya, pada Selasa (18/7/2023).

Bisman Saranani juga meminta agar seluruh kader dan pengurus organisasi adat Tolaki, bisa memberikan dukungan penuh kepada TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Bantu semua aparat keamanan dalam menjaga keamanan, jangan menjadi bagian dari masalah,” himbau Bisman.

Ditempat yang sama, Kapolres Konawe AKBP. Ahmad Setiadi memberikan apresiasi dan dukungan atas kegiatan pawai budaya yang dilaksanakan oleh Ormas suku Tolaki.

Dikatakannya, kearifan lokal dan budaya yang ada di Kabupaten Konawe dapat dijadikan objek wisata budaya dan menjadi aset daerah dalam bidang pariwisata.

“Kegiatan pawai ini bisa menjadi obyek wisata budaya, kami sebagai Mitra pemerintah daerah dan Ormas memberikan apresiasi atas kegiatan ini,” tandasnya.

Reporter : Azam Barakati

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *