Mahasiswa Apoteker UHO Beri Edukasi Pelajar SDN 13 Kendari Cegah Penyakit Diabetes Melitus

oleh -328 Dilihat
oleh

Nilkaz.Com, Kendari — Peduli kesehatan pelajar sejak dini, sejumlah mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker Universitas Halu Oleo (UHO) angkatan XI melakukan sosialisasi kesehatan di SDN 13 Kendari, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (16/05/2024).

Sosialisasi tersebut dengan tema: “Edukasi Tanda dan Gejala serta Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus pada Siswa Sekolah Dasar”

Kepala Sekolah SDN 13, Nurhayati Ambotang, S.Pd mengatakan kegiatan sosialisasi ini pelajaran menjaga kesehatan bagi siswa-siswi bisa mempelajari hal-hal yang sebelumnya mereka tidak ketahui.

“Sosialisasi ini sangat baik untuk generasi masa depan,” ucap Nurhayati Ambotang.

Di tempat yang sama, Mahasiwa Pendidikan Profesi Apoteker UHO, Yoga Kukuh Wijanarko menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak diberikan edukasi pentingnya kesehatan agar paham dan menjaga diri dari penyakit diabetes melitus.

“Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak suka makanan yang manis-manis, oleh karena itu sebaiknya pencegahan penyakit diabetes ini dilakukan sejak dini,” kata Yoga.

Tak hanya itu, bahwa faktor penyebab selain genetik, mengonsumsi gula berlebih dapat berdampak obesitas yang berujung penyakit diabetes melitus tipe 1 pada anak.

“Untuk mencegah diabetes kita harus olahraga teratur, atur pola makan sehat sesuai kebutuhan dan dan sering melakukan tes glukosa darah sewaktu,” ujarnya.

Dia berharap kepada siswa dan siswi tersebut untuk menerapkan pola hidup sehat dan nyaman agar terhindar dari namanya penyakit yang tak diinginkan.

“Menjaga kesehatan itu penting, lebih baik mencegah daripada mengobati,” tutup Yoga.

Editor: Kariadi

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *