HUT ke-24 DWP, Sekda Sultra: Peran Penting Pendidikan Dalam Keluarga Jadi Kunci Sukses

oleh -38 Dilihat
oleh
HUT ke-24 DWP, Sekda Sultra: Peran Penting Pendidikan Dalam Keluarga Jadi Kunci Sukses

Nilkaz.Com, Kendari — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara selaku Penasihat Dharma Wanita Persatuan, Drs. H. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D, membuka acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tahun 2023 dan Peringatan Hari Ibu Ke- 95.

Kegiatan ini bertempat di Hotel Claro Kendari, Selasa, (12/12/2023).

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Sultra, Anggota DPR RI Komisi X Tina Nur Alam, Sekretaris Jendral Dharma Wanita Persatuan Pusat Dewi Arif R Hakim dan Juwariyah Ma’uf Cahyono, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Prov. Sultra, Ketua DWP Sultra terdahulu, Ketua Organisasi Wanita dan Para Ketua DWP Kab/Kota Se-Sultra serta Pejabat terkait.

Dalam Laporannya Ketua Panitia oleh Ibu Irma Selistia M. Rusdin Jaya menyampaikan bahwa Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-24 tahun ini, untuk dapat memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan terhadap Dharma Wanita Persatuan ke-24 tahun 2023 sebagai wujud dukungan organisasi mitra pemerintah pada semua tingkat.

Dharma Wanita Persatuan adalah sebuah organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil, yang ditetapkan pada tanggal 7 Desember 1999 pada sebuah rapat nasional.
Tujuan organisasi DWP adalah terwujudnya kesejahteraan anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

“Tujuan dari kegiatan ini antara lain,
Pertama meningkatkan kesadaran tentang peran strategis yang dimiliki perempuan Khususnya anggota Darma Wanita Persatuan,
Kedua mengoptimalkan peran yang dapat dilakukan oleh perempuan untuk menunjang berbagai pilar-pilar tujuan Pembangunan berkelanjutan Khususnya, yang berkaitan dengan pendidikan ekonomi, sosial budaya dan lingkungan,” ucapnya.

“Ketiga meningkatkan silaturrahmi antar anggota dan pengurus DWP di seluruh Indonesia khususnya di Sulawesi Tenggara.
Adapun tema HUT DWP kali ini “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan.” sambungnya.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Provinsi Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio mengatakan bahwa peran serta perempuan dalam pembangunan sangat penting dan turut menentukan berhasilnya pembangunan. Perempuan diminta untuk berperan aktif dalam mencapai semua tujuan dan target dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030.

“Setiap target dan tujuan dalam agenda tersebut sangat mulia dengan menjunjung tinggi HAM, terutama kaum perempuan dalam mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” ungkapanya.

Lebih lanjut disampaikan, betapa pentingnya peran perempuan sebagai pilar pembangunan di Sulawesi Tenggara. Mereka bukan hanya pendukung keluarga para Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun juga memiliki peran vital dalam segala aspek pembangunan daerah.

Dia berharap perempuan dalam Dharma Wanita Persatuan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi berharga bagi keluarga, daerah, serta masyarakat dan bangsa secara keseluruhan.

“Adapun peringatan hari ibu ke-95 yang disampaikan oleh Ketua DWP Sultra bahwa pada hari ulang tahun ke-24 DWP sekaligus peringatan hari ibu ke-95, besar harapan saya agar organisasi ini yang terus menjadi rumah bagi kita semua, sekaligus menjadi pilar penting dalam menguatkan peranan perempuan Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Sambutan Sekda Sultra Asrun Lio mengatakan peran penting pendidikan dalam keluarga, di mana perempuan menjadi kunci sukses. Pendidikan dianggap sebagai modal utama dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan, dan perempuan memiliki andil besar dalam mewujudkannya.

Peringatan DWP ini juga menyoroti betapa pentingnya kerjasama dan dukungan antar perempuan, serta dapat memberikan penghormatan pada suami sebagai bagian dari peran aktif dalam pembangunan daerah dan negara.

Dilanjutkan dengan sesi pemotongan tumpeng oleh Sekda Sultra, didampingi Ketua DWP Prov Sultra dan Sekretaris Jendral DWP serta Anggota DWP Sultra, dalam rangka HUT DWP ke-24 Tahun 2023.

Pengumuman juara lomba dalam rangka HUT ke-24 DWP tahun 2023, kategorinya yaitu Pertama Lomba Fashion Show, Kedua Lomba MC, Ketiga Lomba pangan lokal dan non beras antar DWP Prov. Sultra, Keempat Laporan E- Reporting tingkat DWP OPD Prov. Sultra dan Kab/Kota se-Sultra.

Adapun pemenang lomba untuk kategori lomba pangan lokal, non beras antar DWP Prov. Sultra yakni Juara 1 DWP Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Juara 2 DWP BPKAD, Juara 3 DWP Dinas Ketapang, Harapan 1 DWP Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Harapan 2 DWP RS Umum Daerah Bahteramas, Harapan 3 DWP Sumber Daya Air dan Bina marga dan Juara Favorit DWP Disperindag.

Serta dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba pendataan PAUD Binaan DWP Tingkat Nasional oleh Ketua Umum dalam hal ini Sekretaris Jendral DWP Kepada Ketua DWP Prov. Sultra atas keberhasilan meraih peringkat ke-2 tingkat nasional.

Adapun yang keluar menjadi Juara umum HUT DWP Ke-24 Tahun 2023 yakni BPSDM Prov. Sultra.

Redaksi.

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *