Dirga Mubarak Ajarkan Strategi Jadi Pengusaha Sukses Pada Mahasiswa Ilpem UHO

oleh -109 Dilihat
oleh
Ketgam : Ketua BPC HIPMI Konut, Dirga Mubarak Mengenakan Setelan Kemeja Biru Polos.

Nilkaz.com, Kendari — Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Konawe Utara, Dirga Mubarak menjadi narasumber (Pembicara) pada Seminar Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Haluoleo.

Tema yang diusung pada Seminar ini yaitu “Membentuk karakter jiwa Kewirausahaan muda yang kreatif, kompetitif dan adaptif dalam menghadapi persaingan global 5.0” Kegiatan ini berlangsung di Aula Lakilaponto, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), pada Sabtu (07/10/2023).

Dihadapan mahasiswa Ilpem Dirga Mubarak memaparkan strategi dan upaya yang harus dilakukan seseorang untuk memulai usaha.

“Kalau kita mau jadi pengusaha atau menumbuhkan jiwa karakter berwirausaha yang pertama itu kita harus percaya diri, setiap kegiatan yang kita lakukan itu kita harus yakin percaya diri, itu adalah dasar yang lebih awal. Terus yang kedua ade-ade juga berusaha belajar hal-hal baru, jadi kita tidak ketinggalan informasi karena perubahan itu begitu cepat. Selanjutnya adalah mainstenya kita, jangan pernah kita berpikir hanya keuntungan saja akan tetapi kita harus membangun hubungan baik kepada karyawan kita,”jelasnya.

Disampaikannya juga, bahwa ada  2 (Dua) jenis usaha yang dikerjakan oleh seseorang yang pertama itu berdasarkan nasab dan kedua adalah nasib.

“Usaha itu kan ada dua, kalau by nasabkan itukan dari orangtuanya dan by nasib itu kita harus berjuang, dan yang lebih bagus adalah by desain itu penggabungan keduanya nasab dan nasib, dan melalui acara-acara seperti ini kan kita bisa memotivasi adik-adik mahasiswa untuk masuk kedunia itu,” ujarnya.

Setelah menyampaikan beberapa materi, sosok pengusaha muda yang akrab disapa Dirga itu berharap kepada mahasiswa Ilpem agar kedepannya ada bibit (penerus) pengusaha yang sukses di Sulawesi Tenggara.

“Harapanya bisa muncul bibit-bibit barulah bisa jadi wirausaha yang hebat dan besar untuk Sultra,” Pungkasnya. (Nzl)

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *