Yudhianto Mahardika Akan Bantu Masyrakat Kelurahan Mokoau Untuk Tanggulangi Bencana

oleh -55 Dilihat
oleh
Ketgam : Suasana Sosper Perda No 9 Tahun 2016, Tentang Penanggulangan Bencana, Oleh Anggota Komisi lll DPRD Sultra, Yudhianto Mahardika S.H

Nilkaz.com, Kendari — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) komisi lll, Yudhinto Mahardika menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper), yaitu terkait Perda nomor 9 Tahun 2016 tentang penanggulangan bencana.

Sosper kali ini dilaksanakan di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, pada Selasa (1/8/2023).

Pada kesempatan ini juga turut hadir perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra sebagai narasumber, dan masyarakat yang hadir pada Sosper ini menyampaikan keluhannya secara silih bergilir.

“Yang ingin saya sampaikan Pak, ada beberapa rumah di kompleks saya yang tidak memiliki drainase, sehingga kalau musim hujan itu kasianĀ  terkadang banjir Pak, jadi saya minta bantuan atas penanggulannya seperti apa,” ucap Hariani, Ketua RT 8 Kelurahan Mokoau.

Tidak hanya itu, keluhan selanjutnya dari salah seorang warga yang rumahnya rawan terdampak longsor karena berada pinggir kali.

“Kitakan disamping kali ada tetangga saya juga, taluknya sudah rusak parah Pak dan gampang sekali longsor, jadi saya mohon agar diatasi secepetnya Pak,” ucap Naima.

Dengan rasa prihatin dan menurutnya sangat urgent bagi masyarakat, Yudhianto Mahardika akan turun langsung meninjau titik lokasi tersebut.

“Kami akan usahakan untuk mengaluri apa keluhan dari masyrakat, kaya taluk itu memang sangat dibutuhkan karena bagaimana caranya masyrakat sekitaran sungai ini rawan longsor itu akan tanggulangi secepat mungkin,” tuturnya.

“Kalau masalah drainase itu akan kita lihat dulu, masalah tempatnya jangan sampai itu drainase sudah pernah ada beberapa puluh tahun hancur yang sudah dibuat oleh kota, kalau memang itu belum dibuatkan oleh kota kami langsung buatkan. Dan pertengahan bulan ini kami akan turun meninjau langsung keluhan masyrakat,”sambungnya.

Sosok yang akrab disapa Yudhi itu, dengan hati yang mulia ia akan membantu memfasilitasi karang taruna Kelurahan Mokoau dalam rangka mengikuti lomba peringatan hari kemerdekaan, karena ia juga mendengar keluhan dari karang taruna.

“Kalau sarana olahraga itu nanti saya gunakan dana pribadi saya, untuk membantu karang taruna disini,” ujarnya.

Sementara Kepala Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sultra, Hikmawati Amir sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh anggota DPRD Komisi lll itu, karena menurutnya Sosper ini sangat bermanfaat untuk disosialisasikan pada masyarakat, ia juga berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan di Kota Kendari saja akan tetapi di 17 Kabupaten/Kota se-Sultra juga.

Senada dengan Hikmawati Amir, Lurah Mokoau Aswan juga sangat salut dengan langkah positif yang dilakukan oleh Yudhianto Mahardika karena telah mengedukasi masyrakat terkait penanganan bencana.

“Saya sangat berterimakasih atas adanya sosialisasi ini karena sangat berdampak positif, semoga ini bisa berkesinambungan kedepannya,” pungkasnya.

Reporter : Azam Barakati

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *