Rapat Evaluasi KLA, Sekda Kota Kendari Tekankan Kecamatan dan Kelurahan Untuk Lengkapi Fasilitas

oleh -23 Dilihat
oleh
Ketgam : Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala.

Nilkaz.com, Kendari — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari menggelar rapat evaluasi wilayah untuk pemenuhan hak anak. Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) didampingi Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berlangsung di aula Samaturu Kantor Balai Kota Kendari, Senin (16/10/2023).

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak masih terdapat lima kecamatan kategori merah atau berstatus pratama yaitu, Abeli, Mandonga, Wua-wua, Kendari Barat dan Nambo. Kategori kuning atau Madya yaitu, Poasia, Puuwatu dan Kambu. Dan kategori hijau atau Nindya yaitu, Kendari, Baruga dan Kadia.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala meminta kecamatan yang masih kategori merah segera melakukan konsolidasi internal dan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk melengkapi persyaratan agar bisa menaikan statusnya menjadi kuning atau hijau.

“Belajar komparasi ke Kendari, Baruga dan Kadia apa yang sudah dilakukan di sana. Contoh, kan dari tahun ke tahun kita sudah dikasi tahu kantor kita harus ramah anak, indikator ramah anak di kantor kita itu apa? jangan sampai masih banyak asbak rokok, puntung rokok terhambur,” ujarnya

Sekda meminta kecamatan dan kelurahan yang masih berstatus merah untuk melengkapi fasilitas berdasarkan indikator ramah anak dan berdasarkan klaster yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari Fitriani Sinapoy menjelaskan, kepala wilayah baik kecamatan dan kelurahan harus mengetahui hak anak dan kategori kelurahan atau kecamatan ramah anak.

“Kita sekarang posisinya di Nindya kita kemarin sudah hampir 800 hanya masih ada beberapa poin yang belum terpenuhi sehingga masih bertahan di nindya,” ungkapnya.

Kadis DP3A berharap dengan kerja keras semua pihak terkait Kota Kendari bisa mendapatkan poin diatas 800 agar Kota Kendari bisa meraih Kota Layak Anak (KLA) kategori Utama. (Nzl)

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *