Pemkot dan Disnakerperin Kendari Adakan Pelatihan LPSK Untuk Masyarakat Umum

oleh -4 Dilihat
oleh
Ketgam : Acara Pembukaan Pelatihan LPSK.

Nilkaz.com, Kendari — Pemerintah kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi tenggara (Sultra) melalui Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian setempat gelar pelatihan manajemen Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) yang dibuka Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan atau Asisten II Setda Kota Kendari, Drs.Jahuddin mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, berlangsung di salah satu hotel di kota Kendari, Selasa (24/10/2023).

LPKS adalah Lembaga Swasta yang menyelenggarakan pelatihan kerja bagi masyarakat umum, dan wajib memilliki izin-izin yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Kabupaten/ Kota menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Asisten II Setda Kota Kendari Jahudding dalam sambutannya mengatakan, semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan para peserta.

Menurut Asisten II Setda Kota Kendari, saat ini tidak bisa dipungkiri dengan kemajuan teknologi persaingan begitu cepat.

“Sehingga nantinya didalam memberikan pelatihan kepada masyarakat, betul-betul menghadirkan masyarakat yang kompeten dan memiliki skil yang berbasis digital,” ungkapnya.

Selain itu, Mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ini juga, mengatakan kemampuan digitalisasi sangat dibutuhkan di jaman sekarang.

“Adaptasi dengan perkembangan pembangunan berbasis digitalisasi saat ini adalah sangat diutamakan, karena itu maka lembaga-lembaga diharapkan menghadirkan tenaga kerja yang kompetitor,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari Ali Aksa mengatakan pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan upaya menurunkan angka pencari kerja, sebab berdasarkan data angka pencari kerja, sebab kota Kendari termasuk salah satu daerah yang memiliki angka pencari kerja yang cukup tinggi,  sehingga di perlukan pelatihan agar kedepannya lembaga – lembaga pelatihan kerja swasta bisa menelorkan orang – orang yang berkompoten untuk mendapatkan pekerjaan di dunia usaha.

“Di kota Kendari ini begitu banyak pencari kerja atau angkatan kerja, untuk itu kita gelar kegiatan ini dengan dapat menyerapkan pencari kerja sehingga dari pelatihan kepada lembaga – lembaga ini sehingga kedepanya dapat menghasilkan orang yang berkompoten dalam perkejaan,” tutur Ali Aksa, di sela – sela pembukaan kegiatan pelatihan manajemen LPKS.

Ali Aksa mengatakan berdasarkan data yang dimiliki angka pencari kerja saat ini di kota Kendari tercatat mencapai 10 ribu orang lebih, dan angka tersebut merupakan pendataan yang dilakukan di saat para pencari kerja tersebut baru menyelesaikan pendidikan baik setara pendidikan SMA maupun S1.

“Jadi sebagai kota transit yang data itu diambil pada saat mereka selesai pendidikan, namun dari data tersebut interval waktu sebahagian sudah terserap di dunia usaha,” ujar Ali Aksa.

Ia juga mengatakan rata – rata pencari kerja di kota Kendari berasal dari berbagai daerah di sekitar wilayah di kota Kendari, untuk itu melalui kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pelatih – pelatih atau lembaga untuk memberikan pelatihan yang sesuai dengan kondisi saat ini.

“kita harap melalui kegiatan ini banyak lembaga – lembaga bisa memberikan pelatihan yang sesuai dengan kondisi saat ini,” harapnya.

Kegiatan pelatihan manajamen lembaga pelatihan kerja swasta (LPKS) ini di ikuti sebanyak 40 peserta dari berbagai lembaga pelatihan swasta yang ada di kota Kendari dan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari.

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *