FPIK UHO Sukses Gelar Kompetisi Esai Ilmiah Nasional 2023, Ini Harapan Dekan

oleh -154 Dilihat
oleh
Mahasiswa Budidaya Perairan FPIK UHO sedang mempresentasekan karya ilmiahnya pada acara KEIN 2023, di Hotel Claro, Rabu (31/05/2023).

Nilkaz.com, Kendari — Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO), sukses menggelar Kompetisi Esai Ilmiah Nasional (KEIN) 2023, yang bertempat di Hotel Claro Kendari, Rabu (31/05/2023).

Kompetisi ini diikuti oleh 14 kelompok mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas dari seluruh Indonesia.

Dengan mengusung tema “Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Mewujudkan Sektor Perikanan dan Kelautan Indonesia yang Berdaya Saing Global”

Pelaksanakan event ini merupakan agenda tahunan FPIK UHO dalam rangka mengasah kemampuan mahasiswa dalam menuangkan ide-ide keilmuan yang inovatif untuk mendukung pembangunan sesuai dengan standar penulisan ilmiah sekaligus mengantarkan mahasiswa pada peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah, yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan daya literasi.

Ketua panitia pelaksanaan, Dedy Oetama, menuturkan bahwa KEIN merupakan agenda tahunan FPIK UHO dan selalu menghasilkan topik – topik pembangunan bidang kemaritiman yang inovatif.

“Tahun ini, kita harapkan para finalis mampu meyakinkan juri bahwa kreatifitas ilmiah yang dihasilkan memiliki kepekaan terhadap solusi permasalahan pembangunan bidang kelautan dan perikanan,” tutur Dedy Oetama kepada media ini.

Pada kompetisi kali ini, terdapat dua bidang yang diperlombakan yakni bidang kelautan & kemaritiman dan bidang perikanan.

Politeknik Pertanian Negeri Pangkep berhasil menyabet juara 1 pada bidang kelautan dan kemaritiman, sementara pemenang untuk bidang perikanan diraih kelompok mahasiswa dari UHO.

Riska, salah seorang mahasiswi asal Poleteknik Pertanian Negeri Pangkep yang meraih juara 1 bidang kelautan dan kemaritiman, mengatakan bahwa ia merasa sangat bersukur dan bahagia atas prestasi kali ini.

“Kami tentu sangat senang dengan prestasi ini, selain itu kami juga memiliki pengalaman dan relasi dengan delegasi dari universitas lain. Terimakasih pula kami ucapkan kepada seluruh panitia KEIN 2023 ini karena kompetisi ini berlangsung dengan baik dengan agenda acara yang tersusun rapi,” tutur Riska dengan rasa bangga.

Sementara itu, Dekan FPIK UHO, Asriyana, mengatakan bahwa lomba esai ini adalah agenda tahunan FPIK UHO yang selalu berkomitmen memberikan kontribusi berupa gagasan inovatif dan kreatifitas ide mendukung pembangunan kelautan dan perikanan di Indonesia.

“Hasil – hasil karya ilmiah ini, diharapkan dapat mendukung proses pembangunan kemaritiman Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang” tutur Guru Besar bidang Pengelolaan Sumber Daya Perairan tersebut.

Tak hanya itu, KEIN 2023 ini adalah rangakaian agenda tahunan FPIK UHO yang ke-4 dan akan terus diselenggarakan setiap tahunnya.

“Kompetisi esai ilmiah nasional ini diharapkan dapat mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) penyelenggaraan pendidikan tinggi bagi FPIK dan Universitas Halu Oleo,” harap Asriyana.

Reporter: Kariadi

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *