Festival Wirausaha UHO 2023, Muhammad Zamrun Firihu : Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa

oleh -15 Dilihat
oleh
Ketgam : Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu Bersama, Wakil Rektor lll, Ketua Dharma Wanita UHO, BEM UHO, Serta Dari Pihak UPT PK2M UHO.

Nilkaz.com, Kendari — Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UPT PK2M UHO) Kendari berkolaborasi dengan lembaga kemahasiswaan yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UHO menggelar Festival Wirausaha UHO 2023, yang berlangsung di Pelataran Auditorium Mokodompit, Senin (23/10/23).

Beberapa produk usaha yang di pamerkan oleh Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Penerima Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), stan masing-masing fakultas UHO, serta stan dharma wanita UHO.

Produk usahanyapun sangat beragam masing-masing stan fakults UHO menampilkan produk terbaiknya mulai dari kedai coffee, olahan sagu, keripik, abon lele, es kelapa muda, pisang ijo, dan lainnya serta ada juga kerajinan tangan seperti pemanfaatan botol bekas, pembuatan pupuk kompos, dan lain-lain.

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu menyampaikan bahwa setiap kegiatan kemahasiswaan para dosen harus berperan aktif untuk membimbing mahasiswa sehingga kegiatan yang dilaksanakan atau dikerjakan itu bisa lebih baik dan maksimal.

“Pembibingan dari dosen itu sangat mudah dan wajib dilakukan gitu. Kegiatan itu sangat banyak tapi memang harus kita arahkan gitu, makanya saya selalu sampaikan kepada para dosen dan WD tiga (Wakil Dekan 3) agar semua kegiatan mahasiswa itu di arahkan sehingga kedepannya lebih bagus lagi,”ucapnya.

Diketahui, kegiatan Festival Wirausaha UHO 2023 ini merupakan kegiatan perdana sehingga Ketua PSSI Sultra itu juga berharap kegiatan ini bisa menjadi langkah awal untuk dikembangkan agar bisa berkelanjutan tahun-tahun selanjutnya.

“Luar biasa ide-idenya banyak mudah-mudahan tahun depan kita bisa adakan lagi, inikan baru awal dan nanti akan di evaluasi panitia dan juga oleh BEM sehingga apa-apa yang kurang itu tahun depan bisa kita lengkapi,”ujarnya.

Ia juga sangat mengapresiasi kreatifitas dan inovasi mahasiswa yang mengembangkan bakatnya dalam berwirausaha, hingga ia mendorong agar mahasiswa mampu selesai dengan akademik yang lebih baik dan usaha yang terus maju agar bisa menciptakan lapangan pejerjaan.

“Jadi harapan kita sebenarnya sih gini. Satukan yang menjadi tujuannya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa, sehingga nanti pada saatnya itu tidak fokus jadi PNS lain sebagainya tetapi kalau bisa menciptakan lapangan kerja baru pada saat mereka selesai nanti,”harapnya.

Sementara itu Kepala UPT PK2M UHO Kendari, Sarinah mengungkapkan bahwa ada beberapa produk mahasiswa yang akan dipamerkan di kancah Nasional.

“P2MW ini nanti akan expo di bulan November itu di Bali mulai tanggal 14 sampai 18 November¬† mereka akan kita bawah 4 kelompok wirausaha,”ungkapnya.

“Produknya itu ada magot jadi itu pakan ternak, kemudian ada discoos coffee, kemudian ada Somai rasa parendenya, dan satu lagi Pocis itu produknya dari sagu dan kelapa,”sambungnya.

Sarinah menuturkan bahwa biaya untuk anggaran keberangkatan mahasiswa yang mengikuti Expo di Bali itu di danai oleh pihak UPT P2MW dan pihak Fakultas UHO.

“Kita fasilitasi mereka untuk keberangkatan tapi yang di danai oleh UPT P2MW itu, jalur UPT untuk ketua kelompoknya saja, untuk anggotanya kita serahkan masing-masing fakultas untuk mendanai, itu tergantung kesiapan dana dari fakultas masing-masing,” pungkasnya.

Penulis : Nzl

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *