Shalat Idul Adha 2023, Jemaah Penuhi Pelataran Bundaran Gubernur Sultra

oleh -123 Dilihat
oleh
Inilah suasana Shalat Idul Adha yang digelar di Pelataran Bundaran Gubernur Sultra, Kamis (29/06/2023). Sekitar ribuan jemaah nampak memblukdak di pelataran itu untuk mengikut shalat Idul Adha. Foto: Kariadi

Nilkaz.com Kendari — Warga Kecamatan Kambu Kota Kendari melaksanakan shalat Idul Adha 1444 H di pelataran bundaran kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berada di jalan Orinunggu, Kamis (28/06/2023).

Dalam pantauan media ini, di lokasi sekitar pukul 06.30 Wita, ribuan jemaah tampak khidmat mengikuti salat Idul Adha.

Hari Raya Idul Adha memiliki cerita yang begitu kuat tentang keimanan sepasang ayah dan anak, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Keduanya sama-sama merelakan sesuatu yang paling dicintai, sebagai pembuktian bahwa cinta mereka kepada Allah SWT adalah mutlak di atas segalanya. Hal ini diungkap oleh Alif bertindak sebagai Khatib.

“Nabi Ibrahim dikenal sebagai nabi yang begitu taat kepada Allah. Kecintaannya tak perlu diragukan. Maka ketika Nabi Ibrahim menginginkan seorang putra di usianya yang senja, Allah tak segan-segan mengabulkannya,” ucapnya.

Allah membalas ketaatan Nabi Ibrahim, kata dia, dengan keturunan-keturunan yang soleh dan berbakti pada orang tua. Jadi, kalau Allah sudah berkehendak, apapun bisa terjadi. Tidak ada yang mustahil bagi Allah.

“Zaman sekarang ini banyak anak yang durhaka sama orang tuanya, melalui mementum ini maka perlu meminta maaf kepada orang tuanya atas dosa-dosa yang dilakukan,” ucapnya.

Melalui Idul Adha, Allah ingin memberikan satu lagi kunci hidup bahagia. Selain mencintai-Nya dengan tulus, mencintai orang tua, kita juga harus mencintai sesama.

“Itu mengapa, berkurban disarankan untuk mereka yang mampu. Dengan harapan, saudara-saudara di sekitar kita yang belum mampu bisa mendapatkan dan menikmati daging qurban,” ucap khatib Alf.

Tak hanya itu, Masyarakat diminta untuk saling menghargai baik kepada mereka yang merayakan Idul Adha terlebih dahulu.

Terakhir, Panitia pelaksan ID berkeliling membawa wadah untuk infaq usai menjalankan shalat Idul Adha 1444 Hijriyah.

Penulis: Kariadi

Follow Berita Terkini Nilkaz.com di Google News berikut ini: klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *